Pidato-pidato Khalid Bin Walid

Tidakkah Kamu melihat kekayaan tanah Persia? Tidakkah Kamu ingat kemiskinan tanah Arab? Tidakkah Kamu lihat bagaimana tanam-tanaman menutupi tanah-tanah buminya? Jika perang suci tidak diperintahkan oleh Allah, kita masih akan datang dan menaklukkan tanah yang kaya dan mengubah kelaparan gurun-gurun kita dengan makanan yang bertumpuk yang sekarang kita miliki.
o Pidato pada tentaranya setelah Pertempuran Walaja melawan Persia tahun 633 M.

Dengan nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Dari Khalid ibn Walid untuk Raja Persia. Pujian untuk Allah yang telah mengacaukan sistemmu dan mengagalkan rencana-rencanamu. Dan jika Dia tidak melakukannya, justru yang jauh lebih buruk yang akan menimpamu. Ikutilah peraturan kami dan kami akan meninggalkan Kamu dan tanahmu dengan damai; jika tidak, Kamu akan merasakan kekalahan atas orang-orang yang mencintai kematian seperti Kamu mencintai kehidupan
o Surat ini dikirim kepada Kaisar Persia setelah penaklukan Provinsi Iraq.

Ketahuilah wahai muslim, bahwa Kamu tidak pernah melihat pasukan Romawi yang seperti Kamu lihat sekarang. Jika Allah mengalahkan mereka dengan tangan-tanganmu, mereka tidak akan pernah lagi melawanmu. Jadi tabahlah dalam pertempuran dan pertahankanlah imanmu. Janganlah kamu membalikkan punggungmu terhadap mereka karena balasannya adalah neraka. Berhati-hatilah dan tetaplah dalam posisimu dan jangan menyerang sampai aku beri perintah.
o Pidato pada Pertempuran Ajnadayn yang merupakan pertarungan puncak pertama antara Islam dan Romawi.

Dengan nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Pidato ini diberikan oleh Khalid ibn al-Walid pada rakyat Damaskus. Ketika pasukan Islam masuk, mereka (rakyat Damaskus) akan selamat, harta, biara-biara, dan dinding-dinding kota mereka, tidak satupun yang akan dihancurkan. Mereka mendapat jaminan ini dari wakil Allah, Rasulullah, kesejahteraan dan keselamatan dari Allah baginya, khalifah, dan orang-orang yang beriman, dari siapa hendaknya mereka mendapatkan kebaikan selama mereka membayar jizyah.
o Pakta yang disepakati oleh Khalid di Kota Damaskus yang baru saja menyerah dari pengepungan selama sebulan.

Wahai orang-orang Islam! Telah datang waktunya untuk tabah. Kelemahan dan kepengecutan membawa pada kondisi memalukan; dan siapa yang tabah lebih pantas mendapat pertolongan Allah. Siapa yang berdiri dengan berani di hadapan sabetan pedang akan dihormati dan kerjanya akan dihargai, ketika ia melakukannya untuk Allah. Perhatikanlah! Allah mencintai ketabahan.
o Pidato pada Pertempuran Yarmuk

Komentar